Senin, 27 Oktober 2014

Render Zeal : Activation



Nama saya Nobodyknows, orang Indonesia, mungkin ini hanyalah sebuah Imajinasi atau Angan-angan saya saja, namun tidak ada salahnya juga jika saya berharap agar angan-angan saya dapat terwujud.
Kenapa saya tulis disini, padahal itu hanya angan-angan yang belum jelas akhirnya akan bagaimana. Mungkin justru karena angan-angan itu tidak jelas, maka saya ingin menulisnya agar bisa saya ingat sampai akhir hayat, terlebih lagi mungkin juga akan ada orang yang membaca ini dan mewujudkan angan-angan saya.
Saya berandai-andai memiliki sebuah perusahaan besar di bidang animasi yang berlokasi di Jepang, perusahaan itu bernama “RedWhite” dimana jika diartikan adalah Merah-Putih (Bendera Indonesia). Perusahaan itu sangat terkenal baik di indonesia maupun luar negeri, karena mereka memiliki animasi yang sangat populer yaitu “Arjuna”, dalam animasi itu menceritakan tentang dunia Pewayangan, dimana Wayang merupakan salah satu warisan budaya Indonesia.
Namun tidak hanya itu saja, berbagai macam animasi atau di jepang lebih dikenal “Anime” yang mereka produksi banyak mampu menyedot perhatian dunia. Terlepas dari itu semua, mereka mulai membuat gebrakan baru dengan memproduksi sebuah Video Game.
Cerita lahirnya Video game ini juga sangat unik, karena awalnya ada seorang staff mereka yang anaknya terkena penyakit jantung dan hidupnya sudah bisa diperkirakan, setelah melihat kondisi tersebut, sang ayah membuat sebuah video game yang sangat sederhana untuk anaknya. Ternyata video game tersebut berhasil membuat anaknya “Semangat” dan sembuh dari penyakit yang di deritanya. Mengetahui hal itu, dia mulai membuat salinan dari video game yang dia buat, lalu dia “Sumbangkan” game itu untuk seluruh orang yang mempunyai penyakit yang sama seperti anaknya.
Cerita itu akhirnya sampai ke telinga Presiden perusahaan, lalu RedWhite secara resmi merombak video game yang sederhana itu menjadi lebih berkelas, dan mereka memberi nama...
..:: Render Zeal ::..
Dari kata “Render” yang berarti “Menyumbangkan” dan “Zeal” yang berarti “Semangat”. Untuk itu mari kita mulai membahas seri game ini, dari seri yang pertama hingga terbaru.


1. a. Render Zeal : Activation
Ø DESCRIPTION :
“When Snow Fall in the Poor Land”
Render Zeal : Activation adalah seri pertama dari semua Render zeal yang pernah dibuat, dalam seri ini menceritakan tentang karakter utama yang bernama Salju Kalimasada. Grafik yang digunakan sangatlah halus, itulah mengapa game ini di sebut-sebut sebagai cikal bakal lahirnya industri game di Indonesia.

Ø CHARACTERS :
a.    Salju Kalimasada



Merupakan tokoh utama dalam Render Zeal Activation, rambutnya berwarna putih salju, memakai jubah dan kepribadiannya yang sangat pendiam, bahkan dia awal kemunculan Scene-nya wajahnya tidak terlihat karena tertutup oleh jubah yang dipakainya. Salju sendiri memiliki kekuatan untuk mengendalikan Es / Ice dengan pikirannya, tanpa harus menggunakan tangan atau kakinya untuk mengeluarkan Es. Es yang dia keluarkan berbentuk seperti tangan, berbentuk seperti pedang, atau pada skill special nya dia bisa mengeluarkan Es menyerupai seekor Naga.  
b.    Agni Samudra


Agni merupakan tokoh yang sangat mencolok dalam Render Zeal A, karena dia memiliki rambut berwarna merah, serta kepribadiannya yang sangat cerewet, ceria, serta banyak tingkahnya. Agni sendiri memiliki pedang yang dapat mengeluarkan api, dan dia juga bisa mengeluarkan berbagai macam binatang seperti harimau, burung, ular dll yang berbentuk api. Namun ada juga skill istimewa nya yang dapat mengeluarkan monster-monster raksasa dengan pedangnya.
c.    Rana Recuva
 


Rana merupakan seorang anak yang masih tanggung, rambutnya berwarna pirang jabrik, tubuhnya pun kecil dan usia nya baru 14 tahun, Senjata yang selalu dibawanya adalah Ketapel (Hunter), walaupun dia merupakan karakter yang tidak bisa dimainkan (NPC), namun keterlibatannya dalam seri ini dirasa sangat besar, ini dibuktikannya dengan selalu membantu Salju dkk dalam memecahkan masalah, mengambil rute, dan mengetahui kelemahan musuh. Namun sayang ketika hampir mendekati akhir, Rana diculik oleh segerombolan orang yang tidak dikenal.
d.    Gajah Mada


Dengan Badan yang besar, tubuh yang kekar, serta memiliki kepribadian yang tegas, membuatnya sangat ditakuti oleh semua orang, namun sebenarnya “Mada” begitu sapaanya, sangat berhati baik dan memiliki rasa toleransi yang tinggi. Senjata Mada pada umumnya adalah senjata-senjata yang sangat besar dan berat, namun yang sering dia bawa adalah Gada yang sangat besar.
e.    Lily Ferlinza




Lily adalah karakter yang sangat penting dalam pertarungan, ini dikarenakan dia adalah seorang PRIEST, walaupun serangannya sangatlah lemah, kemampuannya berguna untuk meningkatkan semua status suatu karakter. Rambut Lily berwarna hitam-kecoklatan, Kepribadiannya sangat lembut, dan suka membantu orang lain yang sedang kesusahan. Menurut Agni, Lily mempunyai tubuh yang sangat lemah, oleh karena itu dia ingin menjaga dia dengan seluruh kekuatannya.
f.     Yunia Pitaloka




Karakter yang paling “tomboi” bernama Yunia, Yunia memiliki rambut berwarna hitam namun pendek (Police), sifatnya yang sangat angkuh dan tak peduli terhadap sesuatu membuat Rana membencinya, Yunia pernah berkata kepada Rana, bahwa seseorang kuat adalah sesorang yang bisa menerima kelemahannya sendiri. Senjata yang digunakan Yunia adalah segala bentuk Senapan, namun yang biasa dia gunakan adalah AK-47. Dalam Skill specialnya dia bisa mengeluarkan sebuah Bazoka.
g.    Kirana Recuva




Kirana adalah kakak dari Rana Recuva, bisa dibilang keterlibatannya dalam seri ini juga sangat besar, karena hanya dialah yang bisa mengeluarkan SUMMON, seiring waktu berjalan monster yang bisa dia summon semakin banyak. Nama-nama monster yang disummon merupakan jiwa dari planet-planet di galaksi antara lain Merkurius, Venus, Mars dll. Rambutnya berwarna pirang, dan sifatnya sangat pemberani dan optimistik.
h.    Ken Arok






Dia adalah seorang raja yang sangat lalim dan juga merupakan tokoh Antagonis, yang nantinya akan dilawan oleh Salju dkk, sifatnya yang sangat haus dengan kekuasaan membuat rakyat dilanda penderitaan. Separuh wajah Ken Arok ditutupi oleh topeng yang terbuat dari besi, menurutnya wajah kirinya sudah hancur akibat peperangan.

Ø GAMEPLAY
Gameplay dari RZ A, adalah RPG without Turn, jadi player bebas melakukan serangan tanpa harus menunggu giliran, dalam hal ini party terdiri dari 6 karakter (tidak termasuk Guest, seperti Rana yang bisa ikut kapan saja) yaitu Salju, Agni, Mada, Lily, Yunia Kirana, tetapi yang dapat dimainkan didalam satu battle hanya 3 karakter saja (1 karakter dimainkan secara manual dan 2 karakter dimainkan secara otomatis). Player bebas menentukan 3 karakter apa saja yang ingin dia gunakan untuk battle, namun Salju harus termasuk dalam 3 karakter tersebut. Map yang digunakan dalam RZ A adalah bebas dan luas, artinya player bisa mengunjungi lagi tempat-tempat yang sudah dikunjunginya.
Dalam sebuah battle, player dapat mengganti karakter yang ingin dia mainkan, jika salah satu karakter ada yang mati maka dapat disembuhkan dengan Item atau sihir milik Lily, namun jika Salju yang mati maka game otomatis akan selasai dan player harus memilih kembali save point mana yang ingin di Load.
Setiap karakter mimiliki Job nya masing-masing dan serangan specialnya masing, skill semua karakter diatur dalam ability, didalam ability terdapat seperti sebuah rangkaian paralel, dimana jika skill yang satu sudah dikuasai maka muncul beberapa skill baru dibawahnya, setiap skill mempunyai level dan level tersebut merupakan syarat untuk membuka skill yang baru. Didalam menu ability player juga bisa mengedit tombol mana yang ingin digunakan untuk mengeluarkan skill.
Player juga dapat mengatur serangan atau skill mana yang ingin dipakai oleh setiap karakter, dan semua diatur dalam menu LOGICIAN, seperti jika Enemy HP 30% (darah musuh tinggal 30%) maka serangan apa yang bagusnya digunakan, atau jika Ally HP 30% (darah teman tinggal 30% maka bisa otomatis memakai Cure atau Potion), system ini dirasa penting karena player dapat secara otomatis memodifikasi pergerakan pada karakter yang sedang di mainkan. Namun karakter yang sedang dimainkan secara manual tidak bisa menggunakan system ini, atau LOGICIAN akan otomatis OFF jika player mengganti karakter yang sedang dia mainkan.
Skill special suatu karakter terdapat pada menu VENGEANCE, dan hanya party leader yang dapat menggunakan skill ini, seiring waktu skill special juga akan bertambah, namun tidak secepat pada skill di menu agility. Tidak seperti skill biasa, skill special setelah digunakan akan Delay beberapa saat, jadi player harus menunggu jika ingin menggunakannya lagi.
Didalam battle juga terdapat combo party, combo bisa dilakukan menggunakan minimal 2 karakter, damage yang dihasilkan akan lebih besar jika menggunakan 3 karakter sekaligus, namun dengan syarat bar combo setiap karakter harus sudah penuh. Combo party setiap 2 atau 3 karakter berbeda-beda, misal dilakukan Combo antara Salju dengan Agni, maka combo akan berbeda jika Agni melakukanya dengan Lily.
Scene menarik juga terdapat dalam battle, misal jika Salju terkena serangan dan jatuh, maka tanpa ada jeda Agni atau orang didekatnya akan membantunya untuk berdiri lagi. Dan jika pada saat musuh/monster besar menyerang Salju saat sedang terjatuh maka player diharuskan memencet tombol sesuai dengan timming, jika tepat teman yang berada didekatnya akan berusaha menyelamatkannya tanpa adanya jeda. Scene menarik dapat dilihat juga pada saat musuh/monster tumbang, dengan menekan tombol sesuai gambar, maka akan terlihat scene dimana karakter menghabisi musuh tersebut disisa-sisa darah yang ada.

Ø STORY
Cerita bermula tentang ditampilkannya kerajaan SRIWIJAYA, kerajaan yang sangat makmur dan rajanya yang sangat disegani oleh rakyatnya. Hari itu seluruh warga kerajaan sedang berbahagia menyambut lahirnya seorang bayi laki-laki, anak dari Raja Warma Kalimasada dan Permaisuri Sari Kalimasada, akan tetapi kebahagiaan itu sontak menghilang setelah ada kabar adanya penyerbuan dari Kerajaan SIGASARI. Raja Warma Kalimasada bergegas menyiapkan seluruh pasukannya untuk membendung pasukan SIGASARI, kebahagiaan berubah menjadi kesedihan dikala mereka harus meninggalkan keluarga mereka untuk pergi berperang. Peperangan pun dimulai dengan sangat dahsyat, setelah 7 hari lamanya Raja Warma Kalimasada tewas didalam pertempuran, akhirnya Kerajaan SIGASARI menjadi pemenangnya. Pasukan SIGASARI yang tersisa langsung menyerbu Kerajaan SRIWIJAYA dan membantai seluruh warganya, Permaisuri Sari Kalimasada juga ikut terbunuh, namun sebelum terbunuh dia sudah menyuruh pembantunya untuk membawa anaknya yang baru lahir pergi melarikan diri kehutan.
20 tahun kemudian . . .
“Ini adalah Kerajaan MAJAPAHIT, dulu ini adalah kerajaan yang damai namun setelah dijajah oleh Kerajaan SIGASARI rakyat hidup dalam penderitaan dan kemiskinan”, setidaknya itulah yang dikatakan oleh seorang bocah bernama Rana Recuva.
Hari itu Rana melihat seseorang yang tak biasa, sepertinya dia melakukan sesuatu yang buruk karena tangannya diborgol, wajahnya tertutup oleh jubah dan dikawal oleh banyak tentara kerajaan, Rana sangat penasaran dan mengikutinya. Ternyata mereka memasukan orang itu ke Penjara. Rana tahu jalan pintas menuju kedalam penjara tanpa ketahuan oleh Tentara. Setelah sampai didalam dia kebingungan mencari dimana orang itu berada, disaat sedang mencari, Rana terkaget karena bunyi Sirine yang tiba-tiba berbunyi, dia berusaha untuk keluar, tapi sudah banyak tentara kerajaan yang sedang sibuk mencari seseorang, disaat sudah tidak ada jalan lagi, tiba-tiba ada orang yang menarik lengannya dan membawanya lari.
Ternyata yang menarik lengannya adalah orang yang diborgol tadi, namun belum terlihat jelas wajahnya karena masih tertutup oleh jubah. Disaat sedang berlari tentara kerajaan berhasil menemukan mereka dan langsung menembakan tembakan kearahnya. Rana berpikir dirinya akan tertembak, namun ternyata peluru itu justru tidak sampai kepadanya dan langsung jatuh ke lantai, Rana sempat bingung melihat hal itu. Namun  yang pasti dia melihat peluru-peluru yang jatuh ke lantai itu terbungkus oleh Es.
Disaat orang itu tidak tahu harus kemana lagi, Rana mengatakan bahwa dia mengetahui jalan keluar, orang itu mengikuti Rana dan menyingkirkan semua Tentara yang menghadang. Setelah sampai diluar, ternyata tentara kerajaan juga sudah bersiap, sehingga tidak ada cara lain selain melawan mereka.
(GAMEPLAY pertama dimulai+tutorial)
Akhirnya mereka berhasil melarikan diri, disaat itulah Rana menanyakan siapa nama orang itu, orang itu membuka jubah yang menutupi wajahnya dan berkata bahwa namanya adalah Salju.
Di saat itu juga Rana mengajak kerumahnya, disana Salju bertemu dengan Kirana (kakak dari Rana), Salju berkata bahwa dia ingin menghentikan penjajahan ini, Rana dan Kirana yang setuju dengan hal itu akhirnya bergabung dengan Salju. Disaat sedang mencari pekerjaan (Hunting), dia bertemu dengan sesama pemburu namanya Agni Samudra, setelah mengatakan tentang ambisinya, dia bersedia bergabung dengan Salju. Salju dkk mendengar berita tentang putri Kerajaan KEDIRI yang ditahan di oleh Kerajaan SIGASARI, mereka berusaha menyelamatkan putri itu, namun ternyata mereka harus melawan Pemimpin Tentara bernama Yunia Pitaloka, setelah Yunia kalah dan diberitahu tentang ambisinya, akhirnya Yunia mau bergabung dengan Salju, dengan bantuan Yunia mereka dapat menemukan Putri Lily Ferlinza, setelah berhasil Lily bersedia bergabung dengan Salju.
Hal ini membuat Raja SIGASARI yaitu Ken Arok marah dan menyuruh seluruh pasukannya mencari Salju. Tidak ada pilihan lain bagi Salju dkk untuk melarikan diri ke hutan TARIK.
Tak disangka didalam hutan tersebut mereka bertemu dengan orang yang dulunya disebut sebagai MAHAPATIH Kerajaan Majapahit yaitu Gajah Mada, namun ternyata Gajah Mada menolak bergabung, akhirnya Salju mengatakan bahwa dirinya adalah anak dari Warma Kalimasada dan Sari Kalimasada, Raja dan Permaisuri Kerajaan SRIWIJAYA, perkataan Salju membuat teman-temannya kaget, begitu pula dengan Gajah Mada yang mendengarnya. Gajah Mada mau bergabung namun dengan satu syarat, yaitu Salju Harus mengalahkannya terlebih dahulu, pertarungan satu lawan satu dengan Gajah Mada dimulai, namun akhirnya Salju lah pemenangnya, dan Gajah Mada bersedia membantu Salju.
Akhirnya lengkap sudah, setelah melewati beberapa masalah Salju dkk berhasil meyakinkan Kerajaan KEDIRI untuk berperang melawan Kerajaan SIGASARI, akhirnya peperangan yang dahsyat pun kembali terjadi, di Final Boss Salju dkk akan melawan Ken Arok.
Scene terakhir memperlihatkan, bahwa Salju senang karena semuanya kembali seperti dulu, dan dia tidak sendirian karena ada teman-teman yang senantiasa membantunya, mungkin pertempuran akan terjadi lagi, namun salju tidak memperdulikannya. Karena...
“Semuanya... akan baik-baik saja”
(Ending Song : Bondan ft Fade 2 Black – Ya Sudahlah)
Setelah kredit berakhir, scene baru menunjukan bahwa Salju Kalimasada diangkat menjadi Raja baru Majapahit, dimana ribuan Warga bersorak bahagia menyambut Raja baru tersebut.
Namun terlihat juga orang yang memakai jubah hitam berdiri jauh dari keramaian, orang itu berkata,
“aku akan membalaskan dendammu ayah...”


TO  BE  CONTINUED  IN  RENDER  ZEAL  ACTIVATION

Tidak ada komentar:

Posting Komentar